Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terobosan Teknologi Baru Di masa Pandemi COVID-19

Terobosan Teknologi Dimasa Pandemi COVID-19
Terobosan Teknologi Dimasa Pandemi COVID-19

Semenjak merebaknya virus COVID-19 (Corona), berbagai negara berlomba-lomba untuk menciptakan obat untuk menyembuhkannya. Tak heran di dunia era modern seperti ini semua negara pun menciptakan berbagai terobosan teknologi baru untuk mencegah atau mengurangi pandemi virus ini.

Pemerintah dan ahli teknologi dunia pun terus saling bekerja sama dalam upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona. Tak lainnya adalah dengan menciptakan produk teknologi baru dan atau memodifikasi teknologi lama yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi COVID-19 ini.

Sejumlah terobosan teknologi baru itu pun diklaim dapat ampuh atau setidaknya ikut berkontribusi menekan angka penyebaran COVID-19. Sebagian produk tersebut ikut berkembang, terutama sejak maraknya keluaran terbaru ponsel pintar atau smartphone.

Apa saja teknologi baru tersebut yang dipakai untuk memerangi melawan COVID-19 itu? Berikut ulasanya.

Tags: Teknologi, Smartphone

Tabel of Contents

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Sejumlah perusahaan, mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang mampu mendiagnosis virus dan mengidentifikasi penyebarannya risiko penyakit menular ini. Teknologi ini mampu melacak dan memprediksi penyebarannya dengan menganalisis informasi-informasi yang didapat dari berita, media sosial, dan dokumen-dokumen kesehatan pemerintah. Kecerdasan buatan ini diklaim lebih maju dalam menyampaikan peringatan penyebaran virus dibandingkan dengan pengumuman dari WHO.

Pemanfaatan AI juga dilakukan oleh banyak perusahaan untuk menciptakan sebuah sistem yang mampu mendeteksi suhu tubuh pada seseorang dan mengidentifikasi gejala-gejala lewat teknologi Face Recognation atau pengenalan wajah. Dengan begitu kecerdasan buatan bisa mendeteksi gejala demam dengan memanfaatkan pengenalan wajah pada manusia.

2. Robot yang ikut berperan untuk mencegah Penularan COVID-19

Indonesia sebagai negara dengan tingkat infeksi virus corona yang cukup tinggi, nyawa tenaga medis di Indonesia pun terancam. Selain karena faktor kelelahan karena terus menangani ribuan pasien, mereka juga dihadapkan pada sulitnya perlengkapan pelindung diri (APD). Oleh karena itu, kehadiran terobosan teknologi robot dimasa pendemi virus ini penting untuk menggantikan perawat atau tenaga medis untuk pekerjaan yang ringan-ringan.

Robot secara leluasa, bisa keluar masuk ruangan pasien positif COVID-19 tanpa repot mengenakan masker dan atau alat pelindung diri (APD). Robot ini juga bisa sebagai perantara komunikasi antara dokter dengan pasien. Contoh lainnya yaitu, robot bisa mengantarkan obat dan makanan untuk keperluan sehari-hari pasien. Sangat membantu bukan!

3. Aplikasi Smartphone yang mampu melacak penyebaran COVID-19

Di negara Singapura, Aplikasi bernama TraceTogether, mampu melacak penyebaran virus corona berdasarkan dari riwayat perjalanan mereka yang terpapar oleh COVID-19. Hebatnya, lewat aplikasi ini, Seorang penggunanya juga bisa memperoleh peringatan bahwa wilayah dan orang-orang yang beresiko tinggi terpapar oleh virus corona.

Tak hanya itu, Aplikasi smartphone ini juga bisa menampilkan peta sebaran virus corona yang di sekitar tempat tinggal pengguna ponsel pintar tersebut.

4. Remote Control atau Drone

Remote Control baik itu Drone, juga bisa dimanfaatkan untuk mengantarkan kebutuhan medis dan juga kebutuhan bahan pangan bagi warga yang terkena dampak dari virus corona ini. Perangkat teknologi ini pun mampu untuk menjembatani antar petugas medis dengan masyarakat yang terindikasi virus ini untuk mengantarkan sampel yang dibutuhkan rumah sakit.

5. CCTV dengan teknologi Screening Thermal

Baru-baru ini, sejumlah instansi perusahaan baik itu kantor, akses publik (Airport, Mall, Rumah Sakit) dan lain-lain, menggunakan terobosan teknologi CCTV yang mendukung fitur screening thermal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan screening suhu tubuh bagi pengunjung yang datang. Dengan begitu deteksi dini pun dapat dilakukan untuk mengetahui gejala yang terdapat pada manusia.

Tidak cuman sebagai alat screening suhu tubuh, CCTV pun membantu petugas terkait untuk memantau dan mengawasi gerak-gerik dari pasien yang terjangkit positif virus COVID-19 ini. Asal tidak ada penyalah gunaan privasi pribadi, pemanfaatan teknologi ini berguna di tengah pandemi virus corona.

Selain 5 teknologi diatas, ada beberapa terobosan teknologi baru yang berhasil di riset oleh berbagai negara, yaitu :
  • PCR Test Kit.
  • Rapid Diagnostic Tes IgG Kit.
  • Emergency Ventilator, Ventilator Indonesia, ICU Ventilator, dan Low-Cost Ventilator Transport. 
  • Plasma Convalescene
  • Mobile Lab Bio Safety Lab-2
  • Simple Smart UVC Sanitizer


Bagaimana? Dari berbagai teknologi diatas sungguh menakjubkan bukan untuk memerangi pandemi virus corona ini. Semoga kamu mendapatkan inspirasi dan informasi mengenai terobosan teknologi baru dimasa pandemi COVID-19 ini yah, #TetapDirumahAja
Techpedia
Techpedia Mencoba menjadi blogger untuk menyalurkan hobi.

2 comments for "Terobosan Teknologi Baru Di masa Pandemi COVID-19"

  1. Positive site, where did u come up with the information on this posting?I have read a few of the articles on your website now, and I really like your style. Thanks a million and please keep up the effective work. FFP2 face mask

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda . . .