Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi pada Google Search Console

Teknologi pada Google Search Console
Teknologi pada Google Search Console

Siapa yang tidak tahu dengan Google? Perusahaan raksasa dengan segala kecanggihan teknologi yang dipunya membuat takjub semua orang. Sebagai search engine dan juga perusahaan teknologi terbesar saat ini, Google selalu membuat terobosan-terobosan dan berinovasi untuk memberikan layanan dan berbagai macam produk yang dapat berguna untuk semua orang.

Terlepas dari Google Search Engine atau mesin pencari Google untuk memberikan informasi yang relevan bagi pengguna dan sumber informasi yang tepat, Google juga memperhatikan dari sisi pemilik website (Webmaster). Maka dari itu, mereka membuat produk layanan yang gratis yaitu Google Search Console.

Apa itu Google Search Console? Dan apa saja manfaat yang bisa di dapatkan untuk para pemilik website (Webmaster) ? Simak artikel dibawah ini, Semuanya akan dipaparkan secara jelas.

Tabel of Contents

Tags: Teknologi, Google Search Console

Pengertian Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu tools layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu kalian sebagai pemilik website dan atau webmaster sebagai media untuk memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah agar website Anda terindeks oleh mesin pencarian Google dan meningkatkan performa dari website Anda.

Google Search Console atau disingkat GSC ini pun dapat memberikan fasilitas yang powerfull, disamping itu Anda juga bisa melihat kinerja website dalam perangkat mobile maupun desktop, serta melihat trafik, bahkan bisa melihat halaman mana yang paling sering dikunjungi oleh pengguna Google. Selain itu Google Search Console memberikan fitur guna pemilik website bisa mengetahui sumber trafik termasuk website lain yang memberikan link refrensi menuju ke halaman di website Anda maupun ke artikel tertentu di website Anda.

Cara Kerja Google Search Console

Mungkin dari Anda bertanya-tanya, bagaimana cara kerja Google untuk menampilkan informasi yang relevan dan berguna bagi pengguna internet untuk ditampilkan pada halaman search engine mereka. Berikut penjelasan singkat nya.

Google mendapatkan informasi dari berbagai sumber, termasuk:
  • Halaman di Internet.
  • Konten yang dikirim pengguna seperti kiriman Google Bisnisku dan Maps.
  • Pemindaian buku.
  • Database publik di Internet.
  • Dan banyak sumber lainnya.
Namun itu semua, Google Search Console melakukan tugas nya sebagai berikut:

Crawling

Pengertian crawl yaitu proses meng-crawl atau mengambil atau pemindaian seluruh informasi pada artikel yang telah Anda buat dalam website Anda maupun halaman utama pada website Anda. Proses ini dilakukan secara otomatis mengingat Google mempunyai sebuah teknologi Bot untuk menghandle task tersebut. Bot ini juga bisa disebut dengan Spider, teknologi ini lah yang mengunjungi dan merayapi seluruh elemen pada stuktur website dan juga artikel Anda. Dari hasil proses crawl yang dilakukan oleh teknologi Spider ini yang disebut crawling.

Proses crawling ini adalah mencari tahu halaman apa yang terdapat di internet, jadi Google harus melakukan penelusuran halaman baru maupun halaman yang telah diupdate dan juga tak lepas dari halaman yang sudah ada untuk dilakukan secara terus-menerus dan menambahkannya pada daftar halaman yang di kenal oleh google.

Proses crawling ini juga dibantu oleh pemilik situs mengirimkan daftar halaman atau disebut juga dengan sitemap (peta situs) untuk memberitahukan kepada Google, bahwa ini adalah daftar-daftar untuk di-crawl oleh Google.

Meningkatkan performa crawling website:
  • Anda sebagai pemilik website, bisa melakukan pengindeksan secara manual dengan cara mengirimkan url sebuah artikel ke dalam Google Search Console untuk dimasukan kedalam prioritas proses crawling website Anda.
  • Mengirimkan peta situs atau sitemap kedalam Google Search Console.

Perlu diingat, Pihak Google tidak menerima imbalan atau bayaran dari Anda untuk meng-crawl website terntentu secara lebih sering, atau memberinya peringkat lebih tinggi. Jika Anda mendapatkan informasi diluar dari ini, artinya informasi yang Anda peroleh tersebut tidak benar.

Pengindeksan

Setelah halaman website Anda ditemukan, Google mencoba mempelajari dari seluruh berbagai struktur elemen yang ada pada halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan/Indexing.

Pada tahap ini Google Search Console melakukan analisis pada artikel/konten halaman, gambar katalog, dan file video yang disematkan pada halaman, dan mencoba untuk memahami halaman website Anda tersebut. Informasi ini semua akan disimpan dalam indeks Google, yaitu teknologi database besar yang disimpan pada banyak komputer.

Dalam proses pengindeksan, Anda dapat menyempurnakan halaman tersebut:
  • Buat lah judul halaman/artikel yang ringkas, padat dan bermakna.
  • Gunakan judul artikel Anda untuk menyampaikan ringkasan dari artikel Anda.
  • Gunakan teks untuk menyampaikan artikel/konten, bukan gambar. Faktanya, Google dapat memahami sebagian gambar atau video, tetapi tidak sebaik memahami teks pada artikel Anda. Jika Anda ingin memberikan gambar maupun video, gunakan lah attribut yang disematkan pada kedua object tersebut, sepert : Alt Text, Caption, Dsb.


Penayangan (Dan Memberi Peringkat)

Saat pengguna internet, yang  mencari informasi dengan mengetik pada Google Search (kueri) untuk memulai penelusurannya, Google mencoba untuk menentukan jawaban-jawaban yang relevan dan berkualitas tinggi, dan juga memperhatikan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman terbaik pada pengguna, dengan mempertimbangkan juga hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau smartphone).

Misal, seorang pengguna internet melakukan pencarian informasi dengan kata kunci (kueri) "bengkel service mobil terdekat", bagi pengguna yang tinggal di Inggris, akan pasti berbeda dengan hasil jawaban yang ditampilkan Google bagi pengguna di Singapura. Hal ini dilakukan Google secara otomatis dan terprogram di dalam teknologi Google.

Manfaat menggunakan Google Search Console

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan mendapatkan visitor lebih banyak, Google Search Console membantu anda dalam :
  • Membantu Pengindeksan website secara cepat dan tepat.
  • Melihat daftar kueri yang digunakan oleh pengguna internet untuk perkembangan riset dari artikel Anda.
  • Melihat masalah pada halaman dan atau kemanan di website Anda
  • Membuat sistem ranking pada website Anda.

Dengan didaftarkannya website Anda ke Google Search Console, membuat website Anda dapat dikenal oleh pengguna internet.


Nah, itulah salah satu teknologi layanan gratis yang disediakan oleh Google, yaitu Google Search Console. Disamping dapat memberikan dan membantu pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang tepat, juga membantu para webmaster untuk pengindeksan website nya ke dalam hasil penelusura Google. Semoga bermanfaat!
Techpedia
Techpedia Mencoba menjadi blogger untuk menyalurkan hobi.

Post a Comment for "Teknologi pada Google Search Console"